Foto

Foto

Sabtu, 29 Oktober 2016

MENGATASI KULIT WAJAH YANG BERMINYAK


MENGATASI KULIT WAJAH YANG BERMINYAK DAPAT DENGAN MENGGUNAKAN KUNYIT


Manfaat kunyit untuk wajah dalam bidang kecantikan memang sudah dikenal sejak zaman putri raja. Dimana para putri raja tersebut menggunakan ramuan kunyit untuk masker dan lulur. Setelah diteliti dengan ilmu dan peralatan yang semakin canggih, ternyata kebiasaan para putri raja tersebut terbukti benar. Kunyit mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Namun yang akan kami bahas dalam artikel ini lebih menitikberatkan pada kulit wajah.

Kulit wajah secara umum memiliki 2 jenis yakni yang berminyak dan yang kering. Kulit wajah berminyak umumnya memang tidak akan terlepas dari jerawat. Minyak membuat debu dan kotoran terperangkap lebih banyak sehingga bakteri penyebab jerawat akan lebih banyak pula berkembang pada area wajah yang kotor.Faktor rajin tidaknya membersihkan kulit wajah menjadi kunci utama dalam menghindari hal ini. Dalam membersihkan kulit wajah pun tidak selalu hanya memakai air saja. Membersihkan kulit wajah akan lebih efektif dengan mengoleskan masker dari bahan-bahan herbal. Salah satunya yaitu masker kunyit yang mana manfaat kunyit untuk wajah berjerawat tersebut akan mengikis bersih minyak dari wajah jika rutin menggunakannya.
Kandungan kunyit diantaranya mengandung zat warna curcumin, minyak volatile, mineral dan amilum.


Adapun cara untuk memperoleh manfaat kunyit untuk kulit wajah diantaranya:
  • Dimakan langsung
Cuci bersih kunyit pada air mengalir, kupas kulitnya dengan cara dikerik lalu konsumsi layaknya makan camilan. Jika repot mengerik kulitnya yang tipis, kulit kunyit tidak usah dihilangkan. Langsung saja makan kunyit tersebut beserta dengan kulitnya.
  • Dijadikan jamu
Parut kunyit lalu masukkan ke dalam gelas kemudian tambahkan gula aren atau madu untuk memberikan rasa manis. Setelah itu tuangkan air hangat secukupnya lalu minum ramuan tersebut dengan rutin.
  • Dijadikan masker
Parut kunyit yang sudah dibersihkan. Jika mau, tambahkan madu lalu oleskan sebagai masker. Diamkan beberapa saat sampai ramuan meresap sempurna. Cuci wajah setelah pemakaian dengan air hangat agar warna kuning kunyit tidak menempel.

Kunyit dipercaya mampu meringkas pori kulit dan mengatasi sebum. Dengan demikian, rempah satu ini cukup efektif untuk mengurangi kadar minyak berlebih. Agar hasilnya maksimal, tambahkan jeruk nipis atau lemon kedalam masker wajah alami yang kamu buat.

Cara membuat masker kunyit untuk wajah berminyak:

  • Siapkan dahulu 3 sendok makan bubuk kunyit dan 4 sendok makan air perasan jeruk nipis/lemon.
  • Campurkan kedua bahan alami tersebut sampai merata dan membentuk semacam pasta.
  • Bersihkan wajah kamu dulu agar kotoran dan sisa keringat tidak menghambat penyerapan. Setelah itu oleskan masker ini secara merata keseluruh bagian wajah.
  • Usahakan pada bagian hidung, pipi, dan dahi/jidat beri pijatan lembut. Sebab bagian inilah yang sering menyebabkan munculnya minyak berlebih.
  • Setelah 15 menit, bilas masker tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

0 komentar:

Posting Komentar